Mgr Sului Florentinus; The Iron Man!

Hari Kamis malem itu aku lagi tidur-tidur ayam habis novena. Nggak tau kok susah banget tidurnya, padahal biasanya habis novena aku langsung tepar. Jam sembilan lebih dikit WITA, hape ibuku bunyi dua kali tapi karena ditaroh di kamar, ibuk pasti nggak denger ada telepon. Dering kedua kalinya, aku teriak dari kamar kalo ada telepon, tapi keburu miskol. Akhirnya ibuku buka hape di kamar yang depanan sama kamarku dan langsung setengah teriak, "Weh! Monsinyur meninggal!" denger teriakan itu, aku teriak lebih melengking lagi dan loncat dari tempat tidur. Percaya nggak percaya, ibuk konfirmasi ke (calon) romo paroki dan bener, malem itu Mgr. Sului Florentinus, uskup agung Keuskupan Agung Samarinda meninggal di Jakarta, sekitar jam 19.40 WIB. Mak teng, aku langsung diem dan merinding. Kronologis pertama yang aku denger, Monsinyur mau operasi katarak. Tapi pas dibius, beliau malah meninggal. Itu versi pertama. Habis pulang dari misa Requiem-nya, ternyata kronologisnya: Monsinyur habis operasi katarak. Terus beliau juga punya penyakit jantung dan habis operasi itu jantungnya sakit lagi. Udah mau dioperasi, beliau meninggal di proses itu. Jadi bukan karena dibius sebelum operasi katarak. Beliau meninggal di RS Medistra dan kemungkinan misa Requiem-nya hari Minggu di keuskupan. Kebetulan keluargaku emang berencana mau ke Samarinda hari Sabtu-Minggu, jadi bisa sekalian ikut melayat Monsinyur.


Ini gambar sekali lagi aku ambil dari mbah gugel yang baik hati. Aku nggak punya dokumentasi apapun sama Monsinyur. Pas penghormatan terakhir di keuskupan juga gak boleh ambil foto soalnya umat yang mau ngeliat Monsinyur banyak banget.
Aku bukan aktivis gereja, apalagi keuskupan. Jadi misdinar pas Monsinyur misa di Bontang juga nggak pernah. Audiensi sama beliau nggak pernah. Tapi terakhir aku ketemu beliau di lounge bandara Balikpapan, hari Selasa tanggal 9 Juli. Beliau kelihatan sehat-sehat aja. Hari itu aku mau ke Bontang dan kayaknya beliau mau ke Samarinda. Aku sungkan banget mau nyapa, soalnya beliau lagi ngobrol sama ibu-ibu. Ya udah, aku perhatiin beliau dari jauh aja. Sempet ragu juga, itu Monsinyur ato bukan. Tapi habis perhatiin muka & ada kalung salib yang beliau pake, akhirnya aku yakin itu Monsinyur.
Awal-awal dapet kabar meninggalnya beliau sampe mau berangkat ke misa Requiem-nya (aku & keluargaku ikut misa yang hari Minggu jam 8), aku nggak ngerasa sedih. Ya karena kesedihan yang daleeeeeeeeem banget udah aku rasain pas pakde romo meninggal (ada di puisi buat si Travis). Tapi begitu aku masuk ke wisma keuskupan (kebetulan dapet tempat di dalem & bener-bener satu ruangan sama peti jenazah & altar), suasana duka mulai ada. Oiya, misa dipimpin sama Pastor Moses (wakil uskup), ada uskup Palangkaraya & Banjarmasin juga yang mimpin. Selebrasi.
Pas lagu kemuliaan, pikiranku melayang-layang ke pengabdian Monsinyur Sului. Beliau bener-bener manusia baja menurutku. Kenapa? Beliau bisa banget mimpin umat Katolik se-Keuskupan Agung Samarinda. Menjaga umat tetep stabil, tetep beriman, nggak berceceran, ngurusi daerah terpencil, nyelesein kasus-kasus, tetep bersosial sama siapapun, tetep berwawasan, itu pekerjaan yang sangat luar biasa. Luar biasa berat kalo nggak cinta sama umat, sama pengabdian, sama pilihan hidup, dan jabatan yang nggak main-main yang udah dipercayakan Paus pada beliau. Apalagi di KAS (Keuskupan Agung Samarinda) men, Kalimantan Timur men. Kalimantan, men. SDM di tempat ini aku tau nggak sebaik di Jawa (bukan bermaksud membandingkan, tapi ini fakta perbedaan yang signifikan), dalam hal ini umat Katolik. Umat Katolik di pedalaman juga nggak sedikit. Namanya pedalaman, kalo ke sana butuh perjuangan & cinta yang tulus pada pelayanan. Kalo nggak dikontrol, bisa-bisa ilang umatnya. Tapi seumur hidup beliau, semua itu dapat beliau handle. Aku percaya itu walau nggak aku saksikan langsung. Karena selama misa requiem, umat nggak putus-putusnya dateng. Nggak cuma umat, warga beragama lain juga dateng. Akupun nggak pernah denger ada stasi di pedalaman yang ilang. Semua itu karena kerja keras & doa beliau. Juga cinta beliau pada umat & tugasnya. Beliau bisa handle semuanya. Tapi aku? Di Pulau Jawa, di Yogyakarta yang kota pelajar, di UGM yang kampus kerakyatan, di FIB yang belajar budaya, aku sangat jujur mengakui kalo aku sering desperate ngumpulin temen-temen Katolik untuk sekedar jagongan. Hell yeah, aku dikutuk jadi ketua KMK soalnya. Di Jogja yang orangnya lebih bisa diatur daripada di Kaltim aja aku nggak sanggup ngumpulin 15 anak buat ngumpul. Tapi beliau? Di medan alam & medan sifat berapa juta umat yang beragam, beliau bisa megang dengan baik. Sambil terus nyanyi kemuliaan, aku nangis kayak aku nangisin pakde romo di misa Requiem. Monsinyur, manusia baja penakluk berapa juta umat se-KAS, udah nggak ada. Tokoh besar yang seharusnya aku jadiin panutan sejak dulu itu udah meninggal. Dan emang bener 'kan, seseorang jadi begitu berarti ketika dia udah jauh, apalagi udah nggak di dunia.
Setelah misa selese, semua umat boleh ngasih penghormatan terakhir tapi jangan lama-lama karena yang ngantri juga banyak. Makanya gak boleh ambil foto. Di sebelah peti jenazah Monsinyur, aku nggak bisa bilang apa-apa selain "Selamat jalan, Uskup". Bibirku gemeter udah pengen nangis aja, tapi cukuplah adik-adikku lihat aku nangis pas pakde romo meninggal.
Monsinyur, Monsinyur, aku ini emang payah. Baru sadar betapa beratnya ngemban tanggung jawab jadi gembala yang nyari domba-domba di belantara sarang serigala. Dari permenunganku selama misa itu, aku menjadikan Monsinyur sebagai panutanku. Menaklukkan belantara serigala aja beliau bisa, apalagi orang lain yang mungkin ada di medan yang nggak begitu berbahaya (termasuk aku). Nilai-nilai kehidupan, pengabdian, dan cinta Tuhan serta sesama yang ditinggalin Monsinyur-lah yang wajib dilestarikan umat yang masih berziarah di dunia. Dan besar harapanku, pengganti Monsinyur besok bener-bener bisa meneruskan nilai-nilai itu, bahkan membuatnya menjadi lebih baik.

Selamat jalan, Monsinyur Sului. Tetaplah menjadi pendoa bagi kami yang masih berziarah di dunia.


Rumah, 21 Juli 2013
Setelah ikut misa Requiem

Comments

Popular Posts