Cara Bertahan di Ujian Esai

Masih anget-angetnya habis UAS, aku jadi punya ide membagikan cara-cara buat bertahan di ujian yang mengerikan, njelehi, dan seringnya selalu ada di ujian akhir dan/atau tengah semester! Gegara temen KKN yang minggu ini masih aja UAS dan cerita dengan harap-harap cemas tentang ujiannya yang esai semua, bangun tidur ku terus minum jadi ada ide ini. Kalo kamu udah belajar sampe jelek, mungkin ujian esai itu piece of serundeng buat kamu. Tapi gimana kalo ujian esai adalah bencana buat kamu gegara catetan ilang, catetan gak lengkap, selama kuliah kerjaanmu cuma TA, kamu benci sama dosennya, salah pilih mata kuliah tapi waktu revisi udah lewat bertahun-tahun yang lalu *halah, atau kamu udah novena sampe ada bunderan bersinar di kepalamu buat minta roti menghapalnya Doraemon tapi itu nggak pernah ada?? Ujian must go on. Lembar jawaban kudu keisi. Di lembar KHS kudu ada abjad (walau pait-paitnya abjad kelima). Kowe kudu survive, mboh piye carane~


1. Mencari Inspirasi Kudu Jawab Opo
Kurang satu nomer, nggak tau harus jawab apa. Lupa teori lah, pas materi itu diajarin kamu gak masuk lah, ato pas materi itu diajarin kamu tidur lah, pakailah ilmu penulis novel pas dia stuck mau nulis apa atau baiknya lanjutan ceritanya gimana. Caranya? Cari inspirasi! Jangan noleh-noleh ke temen, nanti kamu dikira mau nyontek. Wah malah berabe 'kan? Keluar kelas dulu bentar, bilang mau ke WC. WC-nya bisa WC beneran apa WC=Warung Canteen alias kantin kampus... hehehe
WC yang WC beneran bisa jadi gudang inspirasi tak terduga, sambil buang hajat malah bisa jadi ada satu-dua kata kunci yang nantinya bisa kamu kembangin buat nggombalin dosen... wakakaaak
WC yang Warung Canteen juga bisa, apalagi kalo ketemu kakak angkatan. Bisa sekalian tanyak (kalo kakak angkatannya masih inget :p). Kalo waktumu rodo mepet, ngopi-ngopi bentar sambil cari inspirasi bisa juga. Kalo waktumu selooooo banget, makan nasi rames, bakso, lotek, roti, penyetan juga bisa sambil cari inspirasi. Tapi kayaknya balik ke kelas kamu langsung ngorok deh :3 hihi

2. Inget-inget Teori yang Masih Diinget
Mungkin ini paling masuk akal dan paling ra patio ngawur. Misal soal ada lima, terus materi yang kamu inget tujuh, tapi jawaban dari soal yang masih kosong itu bukan materi yang kamu inget. Duh aku kudu piye? Sik sik, ndodok sik. 
Buat ngejawab soal-soal yang masih kosong sementara kamu bener-bener gak tau jawabannya, campur aja materi yang kamu inget buat ngejawab nomer-nomer yang masih kosong! Wkwkwk... terus tulis kata kunci dari soal. Perfect Ngawurness! Walaupun nanti jawabanmu rodo geje, seenggaknya dosen ngasih ongkos buang tinta dan kamu tau apa itu perfect ngawurness. Huehehe...

3. Curhat
Kalo kamu orangnya emo-emo mellow atau hari ujianmu itu penuh drama, ditambah bencana berupa nggak tau jawaban ujian, mungkin kamu nggak tahan pengen cerita keluh-kesahmu tapi waktu selesai ujian masih lamaaaa banget. Kertas lembar jawaban bisa berubah jadi buku diari! Ceritakanlah apa yang menjadi bebanmu pada dosen, seseorang yang selalu kamu temui di kampus, seseorang yang dewasa, yang mungkin kamu anggep pengganti bapak-ibuk yang nun jauh di sana. Kalo kamu bener-bener emosional, tetesan airmata yang kena tulisan bisa jadi lebih epic! Contohnya gini:
Dear Pak Wawan,
saya heran banget sama diri saya hari ini. Saya udah dua setengah tahun pacaran sama Reza, tapi kenapa baru setengah jam yang lalu saya sadar dia ternyata nggak cinta sama saya?! Dia ternyata lebih cinta sama Yessy, anak ekspatriat dari Israel. Saya sedih banget, Pak. Sedih, kecewa, marah, dan merasa bodoh. Saya merasa terhina, kayak Noam Chomsky yang merasa diejek karena ada monyet yang dikasih nama Nimp Chimpsky. Terhina lah, Pak!! Secara Yessy itu lebih sexy, mancung, putih, matanya abu-abu.... Ah! Gara-gara Reza mencampakkan saya, saya jadi lupa materi ujian yang udah Pak Wawan ketik dengan indahnya ini... Sungguh saya khilaf, Pak... Ah, betapa anehnya hari saya ini... Jadi Pak, tanya aja sama Reza jawaban soal ini apa... Karena Reza yang bikin saya lupa, artinya dia yang ngambil ingatan saya... Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia...

Mungkin dosenmu akan merasa dunianya gelap lokal alias pingsan kalo baca curhatanmu itu. Wekekekeek...
4. Nulis Surat Cinta buat Dosen
Ini bisa dilakukan kalo dosen itu lawan jenismu. Kalo sesama jenis, ngeri juga kan kalo pas libur beliau SMS dengan bunyi: "Lagi ngapain? :)" haaaah secepat itukah ganti haluan? Hahahaha...
Kalo kamu cukup berani atau emang ada rasa sama si dosen, ya utarain aja.. belom tentu kan semester besok ketemu lagi? Ato belom tentu dia nanti yang bimbing skripsimu.. wakakaaak.. tapi kudu berani beneran nih.. nek wani ojo wedi-wedi, nek wedi ojo wani-wani! Contohnya gini:

Kepada Pak Hari,
Pak, saya pernah berpikir bahwa filsafat adalah matakuliah bencana karena ngapalin teorinya Newton aja saya udah mau pingsan. Tapi rupanya segalanya berubah ketika Bapak melangkahkan kaki masuk ke kelas. Wajah Bapak yang imut-imut, perawakan Bapak yang pelukable, suara Bapak yang menggelegar, apalagi tatapan mata Bapak itu seperti busur panah yang nancep tepat di hati saya. Saya selalu bahagia tiap kuliah filsafat, saya nggak pernah cemberut tiap mata kuliah itu karena Bapak pasti masuk ke kelas. Sebaliknya, pas Bapak nggak masuk gara-gara ngisi seminar, saya down banget... saya berharap minggu depannya Bapak masuk... dan harapan saya terkabul. Pak Hari, saya jatuh cinta sama Bapak. Saking saya terpesonanya, saya jadi lupa Bapak ngajarin materi apa aja. Tapi saya inget gerak-gerik Bapak tiap di kelas, baju apa yang Bapak pake, dan tawa Bapak yang menggelegar yang bikin saya nggak bisa tidur...
Pak Hari, saya tau Bapak udah punya istri. Tapi siapa yang bisa menyalahkan datangnya cinta? Bapak boleh banget tidak meluluskan saya pada matakuliah ini. Itu malah kebahagiaan buat saya, karena berarti tahun depan (dan tahun-tahun depan lagi), saya bisa bertemu Bapak :)

Berani? Coba aja! Risiko ditanggung penumpang :p mungkin dosenmu memutuskan untuk resign. Hueheheheee
Itu tadi cara-cara bertahan di ujian neraka kalo kamu stuck sama satu atau beberapa soal esai. Tapi kalo berani aja ya ngelakuinnya! Awas aja kalo sebut-sebut namaku yang nyuruh kayak gitu. Tak duduhi PK lho (?) hahahaaaa

Comments

Popular Posts