Bagiku Lelaki ......

Sumpah! Aku gerah banget sama meme yang keseringan soal curhat betapa kejamnya makhluk bernama COWOK ketika sudah pacaran, jadi mantan, masa PDKT, bahkan sekalipun hanya teman. Gerah, gerah, geraaaaahh... aku gak pernah nelusur siapa biang kerok di balik maraknya meme apa quotes yang tsurhat soal kebengisan kelakuan kaum adam atau harapan-harapan si sistah pada cowok yang dia sukai, dia pacari, atau jadi mantannya. But I'm pretty sure yang bikin itu cewek, umurnya antara 16-20 tahun. Kenapa? Karena kalo pas umur segitu aku complicated sama cowok, aku bakal ngomong hal serupa di meme atau quotes macem tuuu...

Nah, aku punya beberapa pendapat mengenai cowok, makhluk yang sering dicap cewek sebagai makhluk yang gak peka, tebar pesona, bebas lepas, cuek, jorok, sex oriented, bahkan dalam tataran paling ekstrim merupakan makhluk yang brengsek. Benarkah begitu?  Oke, ini beberapa pendapatku mengenai cowok. Hmmm, pria juga boleh deh. Biar gak bias, aku sebut dengan istilah lelaki aja yesss..

1. Bagiku Lelaki Merupakan Peluas Wawasan Pengetahuan Umum
Ini terjadi sejak aku SD sampe sekarang ini udah lulus kuliah. Entah kenapa sejak SD aku lebih sering duduk sama temen cowok, lebih tertarik denger omongannya cowok-cowok, dan pengen masuk ke kumpulan mereka. Tapi tapi tapi, aku gak punya pengetahuan sebanyak merekaaaa... aku bisa kontribusi apa donk? Ya udah, aku jadi pemerhati mereka dan menyerap banyak pengetahuan umum dari mereka. Aku tau apa itu apartheid dari temen cowok, tau liga-liga sepak bola dari temen cowok, tau sex education dari temen cowok, tau cerita Perang Dunia dari cowok, genk-genk dari cowok, tau istilah-istilah antah berantah dari cowok, bahkan tau tempat kulineran hemat dari cowok. Mereka bener-bener tau pengetahuan yang remeh sekalipun. Intinya, mereka suka hal yang general banget sampe yang detil banget. Rata-rata cowok yang aku kenal punya pengetahuan umum yang nggak di level mediocre. Mereka suka sesuatu yang lagi hangat dibicarakan dan berusaha punya pengetahuan umum. Aku yakin mereka punya naluri dasar buat gak keliatan pekok makanya jadi jendela pengetahuan umum. Cowokmu gak punya minat pada pengetahuan umum? #udahputusinaja

2. Bagiku Lelaki Merupakan Teman Curhat yang Paling Asik
Kok gitu?? Cowok itu kalo nasihatin seadanya banget, gak ngelegain bangeeeet...
Ya ada benernya juga, cuma ada alasan lain kenapa cowok begitu dan kenapa bisa dijadiin temen curhat paling asik. Mungkin pas kita curhat, dia ketok gak antusias kayak cewek. Cewek kalo dicurhatin 'kan denger dari awal sampe akhir, pasang mimik kasian kalo ceritanya galau, pasang mimik emosi kalo ceritanya emang njengkelin. Tapi, berdasarkan pengalamanku curhat sama beberapa cowok, mereka itu nangkep gagasan utama dari serentetan wacana curhat, terus nyari penyelesaian yang paling sederhana dan gamblang. Ketok gak peduli ya? Ngerasa gak lega? Cowok emang gak bisa menyelami perasaan sedetil cewek. Tapi percayalah, nasihat mereka yang terkesan seadanya itu ada bijaknya juga. Maksudnya supaya kamu gak mikir bahwa duniamu runtuh dan complicated, tapi lihatlah secara sederhana karena penyelesaiannya juga sebenernya sederhana. Kalo kamu curhat soal cowok, mereka ngasih nasihat secara cowok. Maksudnya dia ngasih arahan kamu harus gimana menurut perspektif cowok. Lebih asiknya lagi, cowok nggak segatel cewek yang habis diajak curhat. Cewek tuh sering banget 'kan bilang "Kemaren diajak curhat, giliran dapet nasihat, masalah beres, aku ditinggal!!" heeeeey, cowok jarang banget yang kayak gitu. Cukup kamu memperlihatkan padanya kalo nasihatnya jos, dia udah seneng tanpa perlu kamu dateng berkali-kali ke dia untuk bilang makasih.

3. Bagiku Lelaki Merupakan Fashion Police Paling Jujur
Ini berlaku banget buat adikku si gondezt Leo dan ebes bapak kesayanganku. Maksudnya ke-absolut-annya udah 100% gitu. Kalo aku jalan sama mereka berdua dan mau beli baju, aku tanya dulu: Bagus nggak? Cocok nggak di aku? Kamu mau jalan sama cewek berbaju begini?
Pendapat dua orang itu mengenai pakaian selalu aku dengerin. Kalo Leo dan/atau bapak bilang enggak, sesuka apapun aku gak akan beli. Mereka liat dengan kacamata cowok secara umum dan aku paksa buat jujur karena aku gak mau buang-buang duit beli baju yang ternyata emang gak cocok buatku :p aku paksa mereka mikir, mau gak jalan sama cewek berpakaian begini? Kalo ternyata enggak, say goodbyeee... kadang aku minta nasihat Leo kudu beli baju yang gimana dan kalo ke sini mending pake baju yang mana. Supaya apa? Supaya aku tau cowok itu sebenernya suka liat cewek pake baju yang gimana, dandan yang gimana, dan bersikap kayak gimana.
Sebenernya nggak cuma Leo dan bapak. Kadang kalo nongkrong sama temen cowok dan kami liat ada mbak-mbak berpakaian agak aneh, yang angkat bicara duluan mesti yang cowok. Suatu hari aku kepikiran beli celana warna coklat dan pas lagi duduk sama temen cowok, ada mbak-mbak pake celana coklat yang sewarna kulit. Terus temenku bilang, "Lagi trend po pake celana kayak nggak pake celana? Itu garisnya ketok banget (garis celana dalem maksudnya)" Ulalaaaaaaa... well, aku beli celana coklat yang gak skin tone deh.. hehehe

4. Bagiku Lelaki Merupakan Sarana Mengenal Lelaki 
Maksudnya? Gini. Misalnya temenku cowok curhat soal ceweknya yang mbingungi. Nah, dari situ aku tau cowok itu ternyata bingung juga kalo cewek bilang gapapa tapi ternyata ada apa-apa. Dari situ aku tau cowok bukan peramal yang langsung tau harus apa tanpa penjelasan verbal dari cewek. Terus ada lagi cerita kalo pacarnya temenku mutung gara-gara ditinggal latihan teater. Dari situ aku tau, cowok pengen cewek ngerti kegiatan cowoknya yang kadang nyita banyak waktu. Kalo nggak percaya, cowok gapapa lho didatengin sekali-sekali buat diliat kegiatannya. Ya supaya cewek ngerti kalo kegiatannya begini, dan percaya kalo cowoknya gak macem-macem. Dua contoh di atas bikin aku tau ternyata pikirannya cowok itu begitu, dan nanti kalo aku punya pacar apa calon pacar, aku tau harus gimana memperlakukan mereka sesuai dengan cara pikir mereka.

5. Bagiku Lelaki Merupakan Seseorang yang Tidak Perlu Ditakuti
Pendapat yang satu ini aku dapatkan secara ujug-ujug pas lagi nyapu rumah. Nah lho, opo hubungane? Ra ono, lha jenenge wae ujug-ujug :p
Banyak perempuan yang merasa lebih rendah daripada cowok sehingga lagi-lagi merasa cowok harus diberi tempat lebih tinggi karena takut. Lho kenapa takut sama cowok? Lobang idungnya nggak lima kan? Hehehe... maksudku, cowok kan sama-sama manusia kayak cewek, terus ngapain ditakutin sih? Kalo si cowok salah, ya tegur aja. Marahin aja kalo perlu. Kalo cowok mulai semena-mena, harus berani bertindak. Apalagi kalo cowok udah kasar secara verbal maupun non-verbal. Cowok yang gak bener nggak boleh ditakuti, tapi harus disunat dua kali ditegur! Nggak bisa ditegur? Tinggal aja. Aku jarang punya masalah sama cewek, musuh abadi cewek malah nggak punya. Adanya? Cowok. Cowok itu jadi musuh abadiku bukan karena aku nggak mau memahami dia dengan segala kecowokannya ya, tapi karena dia keterlaluan dan nunjukkin kalo aku nggak takut sama yang namanya lelaki/cowok/pria. Pas SD aku musuhan sama guru cowok karena beliau bener-bener suka ngece aku dan berlaku nggak sopan sama murid cewek. SMP-SMA aku akur sama guru. Nah kuliah ini aku musuhan sama salah satu dosen. Sekali lagi cowok. Tapi, kebencianku sama si bapak ini nggak sendirian. Maksudnya temen-temen juga nggak suka sama ini orang. Kelakuannya nggak banget, gak pantes dicontoh menurutku. Kalo bapakku kayak begitu, mending aku dicoret dari KK deh, serius. Karena emang gak suka, ya udah aku nongolin sungutku ke dia dan kami bermusuhan. Oiya, ini berlaku lelaki secara universal ya. Yang awam maupun yang selibat maksudku. Mentang-mentang elu romo, terus seenak jidat gitu? Noooo... sampe sekarang aku gak suka banget sama seorang romo yang pernah memperlakukanku secara nggak sopan. Pas kami ketemu, pas kudu salaman *iyuh banget sebenernya* aku nyalami dia dengan poker face mode. Ya karena aku gak suka sama dia! Dan aku gak takut nunjukin itu.
Intinya jangan takut sama cowok kalo emang dia nggak bener. Dia manusia kok, dia bukan Tuhan, bukan titisan Allah Bapa yang kudu ditakuti dan selalu benar. Cowok tetep punya kekurangan, makanya diciptakan cewek sebagai teman yang sepadan *heleee

6. Bagiku Lelaki Tetap Teman Hidup yang Paling Sepadan untuk Perempuan
Cowok itu semuanya sama: brengsek!!
Cowok itu cuma dua: kalo gak banci ya bangke

Ya ya ya, mereka tetep punya flaws yang begini lah, begitu lah, begono lah. Nyari cowok yang zempurna luar-dalem juga gak bakal dapet sebab yang sempurna ya cuma Dia yang menjadikanmu ada. Kalo kamu mau sama Dia, ya jadi suster aja :p
Justru dengan segala kekurangannya itu yang namanya perempuan kemudian diciptakan supaya jadi teman hidup yang fit in sama dia, menyempurnakan dia. Walau aku bukan anti-LGBT, pendapat pribadiku sendiri, aku tetap merasa lelaki ialah pasangan yang paling sepadan untukku, untuk perempuan. Ya oke, kalo ada perempuan yang memutuskan untuk gak nikah karena alasan karier, kesehatan, menjaga kemurnian diri, trauma sama cowok, tapi aku yakin kalo dalam hatinya, dia tetep butuh lelaki. Ya kalo udah anti banget sama lelaki, perempuan yang lelaki banget juga boleh deh. Lelaki dengan segala kecerobohan, kebodohan, kelalaian, kekonyolan, kebrengsekannya, udah didesain sedemikian rupa untuk jadi sempurna dengan bantuan perempuan. Perempuan dengan segala kelemahan, kemenye-menyean, kecengengan, ke-gapapa tapi sebenernya ada apa-apa-nya, juga butuh lelaki untuk membuatnya sempurna. Intinya, emang mereka tercipta seperti itu buat saling menyempurnakan satu sama lain. And so far, lelaki merupakan pasangan yang paling sepadan buatku. Weseeeeh...

So, masih mau percaya meme sama quotes yang sebenernya mojokin cowok? hehehe... lelaki emang complicated, tapi bagi dia, cewek juga susah dimengerti lho. Dah ya. Daaaah~~

Comments

Popular Posts